Filosofi Diktatik - Metodik Pendidikan Pesantren
Kontekstualisasi Adabul Alim Wal Muta’Alim Karya Hadratussyaikh Muhamad Hasyim Asy’ari
Dalam pendidikan pesantren, keimanan dan kepatuhan kepada Allah SWT serta ajaran Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. sangat penting dan menjadi fokus utama. Oleh karena itu, dalam merancang dan menyampaikan pengajaran, filosofi diktatik dan metodik dalam pendidikan pesantren harus memperhatikan nilai-nilai agama dan budaya yang menjadi landasan pendidikan pesantren. Diktatik dan metodik dalam pendidikan pesantren haruslah didasarkan pada tujuan pembelajaran yang mengarah pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan pelajar kepada Allah SWT, serta memahami ajaran Islam dengan baik dan benar. Dalam konteks ini, filosofi diktatik dan metodik tidak hanya berkaitan dengan cara mengajar dan teknik-teknik pengajaran, tetapi juga tentang bagaimana pengajaran dapat mengembangkan karakter pelajar dan membentuk kepribadian yang baik. Sebagai pendidikan agama yang didasarkan pada ajaran Islam, pendidikan pesantren harus mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan moralitas dalam segala aspek pengajaran dan pembelajaran. Oleh karena itu, diktatik dan metodik dalam pendidikan pesantren haruslah mengikuti nilai-nilai keagamaan yang telah menjadi pedoman dalam ajaran Islam
Karya | Dr. Jasminto, M.Pd.I., M.Ag. |
---|---|
ISBN | 978-623-8301-67-6 |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi Grup |
Halaman | viii + 399 |
Harga | Rp 171.000 |