GAMIFIKASI DALAM PENDIDIKAN
Motivasi menjadi sangat penting dalam pembelajaran, jika seorang siswa memiliki motivasi belajar tinggi maka akan semangat dalam belajar, sebaliknya jika siswa memiliki motivasi belajar rendah maka akan kehilangan semangat untuk belajar. Peningkatan motivasi belajar siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab secara mandiri seorang siswa melainkan sebagai guru harus membantu membangkitkan motivasi dalam belajar. Hal tersebut sesui dengan sebuah pedoman yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri Handayani. Artinya sebagai seorang guru ketika di depan harus memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan. Sebagai seorang guru menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memiliki siswa yang kurang termotivasi dalam belajar, agar memiliki motivasi kembali agar mau belajar dengan baik.
Karya | Etistika Yuni Wijaya, S.Pd., M.Pd. |
---|---|
ISBN | 978-623-6841-63-1 |
Penerbit | PT Literasi Nusantara Abadi Grup |
Halaman | viii + 54 |
Harga | Rp 49.000 |