MODERASI BERAGAMA DALAM RUANG KELAS
Buku Referensi ini terdiri atas 7 Bab, yaitu: (1) Pendahuluan, meliputi: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Mengapa Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama penting dalam dunia pendidikan?, Teori Penguat, dan Grand Desain Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Prespektif Pendidikan Islam; (2) Konsep Moderasi Beragama meliputi: Pengertian Moderasi Beragama, Ciri-ciri dan Simpul Moderasi Beragama, Sikap Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19, Indikator Moderasi Beragama; (3) Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas, meliputi: Mengapa Moderasi Beragama dalam Ruang Kelas perlu dibangun?; Bagaimana Membangun Konsep dan Sikap Toleransi pada Siswa?; Strategi Guru dalam Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Sekolah; (4) Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam, meliputi: Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbangan, equilibrium), I’tidal (tegak lurus dan tegas), I’tiraf al-’Urf (ramah budaya), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah), Islah (reformasi), Aulawiyah (skala prioritas), Tathawwur wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Qudwah, Tahaddur (berkeadaban), Muwathanah, dan Amar ma’ruf nahi munkar; (5) Implementasi Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan, meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi; (6) Potret Pengamalan Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama Siswa MA, meliputi: Pendahuluan dan hasil Potretnya. (7) Penutup, meliputi: Simpulan dan Rekomendasi.
Karya | Dr. Akhmad Syahri, M.Pd.I. |
---|---|
ISBN | 978-623-329-732-5 |
Penerbit | CV. Literasi Nusantara Abadi |
Halaman | xii + 230 |
Harga | Rp 117.000 |