Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0 dan Society 5.0
Era industri 4.0 dan society 5.0 telah membawa perubahan besar dalam sistem pendidikan. Fokus pembelajaran pada era industri 4.0 ialah digitalisasi pembelajaran dengan teknologi otomatis. Sementara itu, era society 5.0 fokus pada pembelajaran berbasis teknologi yang memperhatikan kebutuhan dan kesejahteran siswa. Dengan demikian, jika industri 4.0 lebih berorientasi pada efisiensi dan teknologi, society 5.0 cenderung mengedepankan kesejahteraan manusia dan keberlanjutan. Era society 5.0 menuntut adanya kolaborasi antara siswa dan alat pembelajaran dengan pendekatan yang berpusat pada siswa. Peluang pendidikan pada era ini meliputi integrasi teknologi digital dalam pembelajaran; pengembangan keterampilan abad 21 yang terdiri dari pemikiran kritis, kreativitas, dan kolaborasi; serta pemanfaatan platform pembelajaran daring untuk menjangkau lebih banyak individu. Pendidikan pada era industri 4.0 dan society 5.0 harus bersifat inklusif, berorientasi pada kebutuhan individu, dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat secara holistik.
Penyusun | Ali Usman, Saluky, Hermania Bhoki, Alfonsus Mudi Aran, Junaidin, Abdul Wahab Pondungge, Evi Resti Dianita, Darto Wahidin, Nur Astri Fatihah, Siti Munawaroh, Aliyyatus Saadah, Firman Alamsyah Mansyur |
---|---|
ISBN | - |
Penerbit | PT Literasi Nusantara Abadi Grup |
Halaman | x + 220 |
Harga | Rp 98.000 |