Pembelajaran Berdiferensiasi
Belajar Dinamis dan Inovatif
Pembelajaran berdiferensiasi adalah konsep yang mendukung ide bahwa setiap individu memiliki keunikan dalam gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat. Di era digital ini pendidik harus menguatkan kemampuan diri dalam menganalisis kebutuhan dan potensi setiap siswa. Buku ini bermanfaat dalam pengembangan pembelajaran inklusif, dinamis, dan inovatif.
Pembelajaran berdiferensiasi berfokus pada pemenuhan kebutuhan belajar individu siswa serta bagaimana guru dapat mengakomodasi perbedaan tersebut. Dalam konteks kelas, guru harus melaksanakan tes diagnostik guna mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa. Berdasarkan hasil tes diagnostik ini, guru akan lebih mudah dalam menyusun pengalaman pembelajaran yang cocok dengan kebutuhan masing-masing siswa. Guru juga diharapkan untuk secara rutin memantau perkembangan akademik siswa, sehingga mereka dapat merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa, dengan tujuan mencapai kesetaraan dalam proses pembelajaran dan mengurangi kesenjangan belajar siswa.
Karya | Aulya Nanda Prafitasari, M.Pd. |
---|---|
ISBN | - |
Penerbit | PT. Literasi Nusantara Abadi |
Halaman | vi + 139 |
Harga | Rp 50.000 |