Pendidikan Inklusi Dan Tokoh Pendidikan Anak Usia Dini
Anak usia dini dilihat sebagai individu yang unik, dengan dimensi jasmani dan rohani yang terpadu serta struktur biologis dan psikologis yang khas. Mereka juga merupakan bagian dari lingkungan sosial yang memengaruhi tumbuh kembang mereka, dan oleh karena itu, perlu mendapatkan pengasuhan serta pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya yang ada.
Prinsip inklusi pendidikan juga berlaku dalam konteks anak usia dini, di mana setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, termasuk warga negara dengan kebutuhan khusus atau kesulitan belajar, seperti disleksia; disgrafia; diskalkulia; serta penyandang tunanetra; tunarungu; tunagrahita; tunadaksa; dan tunalaras. Namun, sayangnya, realitas menunjukkan bahwa jumlah anak cacat yang mendapatkan layanan pendidikan masih terbatas.
Karya | Maria Fatima Mardina Angkur, M.Pd, Ignasius F. R. Bora, S. Fil., M.A, dan Maria Dissriany Vista Banggur, S. Kom., M.Pd. |
---|---|
ISBN | - |
Penerbit | CV. Literasi Nusantara Abadi |
Halaman | v + 56 |
Harga | Rp 35.000 |