Penilaian Otentik Kesastraan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia


Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA selalu bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman. Kedinamisan itu ditandai dengan adanya perubahan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Pada Kurikulum 2013 ini, pembelajaran bahasa Indonesia menekankan pada teks dengan pendekatan saintifik (scientific approach). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks bermuara pada peningkatan kemampuan berpikir siswa secara sistematis, kreatif, empiris, dan kritis. Setiap teks memiliki struktur berpikir yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, siswa diharapkan dapat mengembangkan teks sesuai dengan kemampuan berpikirnya. Semakin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, maka semakin banyak struktur berpikir yang dikuasai siswa.

Karya

Jusrin Efendi Pohan

ISBN978-623-8364-18-3
PenerbitPT Literasi Nusantara Abadi Grup
Halaman210
Harga

Rp 145.000