Perkembangan Anak Usia Dini

 

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar, bertujuan untuk membina anak sejak lahir hingga usia enam tahun. Pendekatan ini bertujuan mendukung perkembangan fisik dan mental anak, agar mereka memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut dalam jalur formal, non-formal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan bentuk pendidikan yang fokus pada pembentukan dasar pertumbuhan dan perkembangan anak dalam aspek agama, moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan tahapan perkembangan yang unik di setiap kelompok usia.

Perkembangan respon atau tanggapan pada anak erat kaitannya dengan pemahaman tentang teori-teori pengamatan perkembangan anak. Walaupun keduanya memiliki pola yang berbeda, namun keduanya saling berhubungan dan memiliki prinsip dasar yang sama, yaitu proses pembelajaran mengenai objek atau gagasan yang masuk ke pikiran anak, dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki anak. Dalam hal ini, tanggapan merupakan hasil dari pengamatan, dan keduanya berkaitan erat dalam proses pembelajaran.

KaryaBeata Palmin, M.Pd., Theresia Alviani Sum, M.Pd., Felisitas Ndeot, M.P
ISBN-
PenerbitCV. Literasi Nusantara Abadi
Halamaniv + 76
Harga

Rp 42.000