MENJADI GURU BERWIBAWA DI ERA MERDEKA BELAJAR
Menghadapi kebijakan Merdeka Belajar yang mana pendidik memiliki keleluasaan untuk merumuskan tujuan pembelajaran serta rancangan pembelajaran dan assesmen yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Guru sudah tidak boleh menyuruh siswa mengakui buah pikiran orang lain, akan tetapi biasakanlah mereka mencari sendiri segala pengetahuan dengan menggunakan pikirannya sendiri. Implementasi kebijakan merdeka belajar mendorong peran guru lebih penting dalam segala hal, termasuk dalam pengembangan kurikulum maupun dalam proses pembelajaran. Hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Guru ideal yang identik dengan guru berwibawa harus memiliki bekal dan pengetahuan yang cukup untuk menjadi sosok yang diharapkan. Buku ini mencoba mengupas tentang kriteria guru berwibawa di era merdeka belajar. Wibawa guru yang memiliki dimensi kewibawaan spiritual, kewibawaan pengetahuan, kewibawaan sikap, kewibawaan ketrampilan, kewibawaan sosial, dan kewibawaan fisik, harus mampu diperankan oleh semua guru.
Karya | Dr. Muhammad Ali Rohmad, M.Pd.I |
---|---|
ISBN | 978-623-329-909-1 |
Penerbit | CV. Literasi Nusantara Abadi |
Halaman | viii + 144 |
Harga | Rp 80.000 |