Etika bisnis adalah salah satu topik yang paling banyak dibahas di milenium kita dan salah satu topik yang paling bertentangan dalam lingkungan bisnis. Mengaitkan etika bisnis dengan agama apapun adalah tugas yang sulit dilakukan. Perusahaan dan pebisnis yang ingin berkembang untuk jangka panjang harus mengadopsi praktik pengambilan keputusan etis yang sehat.
Perusahaan dan orang-orang yang berperilaku dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial jauh lebih mungkin untuk menikmati kesuksesan akhir daripada mereka yang tindakannya hanya dimotivasi oleh keuntungan. Pengertian etika secara khusus adalah ilmu tentang sikap dan kesusilaan suatu individu dalam lingkungan pergaulannya yang kental akan aturan dan prinsip terkait tingkah laku yang dianggap benar, sedangkan pengertian etika secara umum adalah aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku.
Penerapan norma ini sangat erat kaitannya dengan sifat baik dan buruknya individu di dalam bermasyarakat. Dengan demikian, etika adalah ilmu yang mempelajari baik dan buruknya serta kewajiban, hak, dan tanggung jawab, baik itu secara sosial maupun moral, pada setiap individu di dalam kehidupan bermasyarakatnya. Hal ini dapat dikatakan bahwa etika mencakup nilai yang berhubungan dengan akhlak individu terkait benar dan salahnya.
Adapun banyak jenis etika yang dapat kita jumpai di lingkungan sekitar, misalnya, etika berteman, etika profesi atau kerja, etika dalam rumah tangga, etika dalam melakukan bisnis, dan semacamnya. Etika tentunya harus dimiliki oleh setiap individu dan sangat dibutuhkan dalam bersosialisasi yang mana hal itu menjadi jembatan agar terciptanya suatu kondisi yang baik di dalam kehidupan bermasyarakat.
Sebagai contoh etika yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan sekitar yakni mengucap salam saat bertamu ke rumah orang, baik itu saudara, kerabat, maupun teman. Kemudian, meminta maaf setelah kita berbuat kesalahan dan mengucapkan terima kasih saat seseorang telah menolong atau membantu kita. Sesuai dengan judulnya, tak hanya etika komunikasi di dunia nyata, komunikasi di dunia nyata pun nampak masih sangat minim diterapkan.
Buku “Etika Bisnis” yang diterbitkan Literasi Nusantara akan memberikan pengetahuan secara mendalam agar terbentuknya etika yang baik di dalam diri sehingga komunikasi dapat terjalin secara harmonis, baik komunikasi di dunia nyata maupun dunia maya.
