Uncategorized

Memahami Apa Itu Justice Collaborator

Memahami Apa Itu Justice Collaborator

Memahami apa itu justice collaborator secara umum. Justice collaborator adalah pelaku yang berperan sebagai saksi dalam penegakkan hukum. Saat berperan sebagai saksi dan juga pelaku secara bersamaan, apakah seorang justice collaborator akan tetap mendapatkan perlindungan hukum?

Perlindungan hukum adalah upaya dan mekanisme yang ada dalam sistem hukum suatu negara untuk melindungi hak-hak, kebebasan, dan kepentingan individu atau kelompok dalam masyarakat. Tujuan utama dari perlindungan hukum adalah untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses yang sama terhadap keadilan, mendapatkan perlakuan yang adil, dan memiliki jaminan hak-haknya oleh hukum.

Tentang Justice Collaborator

Justice collaborator adalah sebutan bagi saksi pelaku yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum dalam mengungkap suatu tindak pidana tertentu. Secara sederhana, arti justice collaborator adalah pelaku kejahatan yang memberikan keterangan dan bantuan kepada para penegak hukum. Namun, tidak semua pelaku yang kooperatif adalah justice collaborator.

Seorang justice collaborator memiliki dua peran sekaligus, yakni sebagai tersangka sekaligus saksi yang harus memberikan keterangan dalam persidangan.

Kemudian, seorang justice collaborator berperan sebagai kunci penting dalam penegakkan hukum. Peran atau fungsi justice collaborator ini antara lain:

  • Untuk mengungkap suatu tindak pidana atau akan terjadinya suatu tindak pidana, sehingga pengembalian aset dari hasil suatu tindak pidana bisa dicapai kepada negara.
  • Memberikan informasi kepada aparat penegak hukum.
  • Memberikan kesaksian dalam proses peradilan.
Hak-Hak Justice Collaborator

Sebagai orang yang berperan dalam mengungkap suatu tindak pidana, seorang justice collaborator berhak mendapat beberapa perlakuan khusus, antara lain:

  • Tidak dapat dituntut secara hukum atas kesaksiannya (Pasal 10 ayat (1) UU 31/2004).
  • Tuntutan hukum terhadapnya wajib ditunda hingga memperoleh kekuatan hukum tetap (Pasal 10 ayat (2) UU 31/2004).
  • Selain perlakuan khusus, ketentuan Pasal 6 ayat (1) Peraturan Bersama Perlindungan Saksi menerangkan bahwa justice collaborator juga berhak atas perlindungan secara fisik, psikis, penanganan secara khusus, dan penghargaan.

Selain hak-hak tersebut, justice collaborator juga berhak atas perlindungan secara fisik, psikis, penanganan secara khusus, dan penghargaan. Selain itu juga justice collaborator memiliki hak dan juga syarat perlindungan.

Memahami Apa Itu Justice Collaborator

Pelindungan Hukum 1 (bagi Justice Collaborator oleh LPSK)

Untuk lebih lengkapnya, memahami apa itu Justice Collaborator ini tertuang dalam buku Pelindungan Hukum 1 (bagi Justice Collaborator oleh LPSK). Buku tersebut bisa anda dapatkan dari Penerbit Literasi Nusantara. Sebagai penerbitan, percetakan, dan juga distributor buku, Penerbit Literasi Nusantara akan menyediakan semua kebutuhan buku anda.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *