Peluncuran atau launching buku dapat membantu mempromosikan rilis sebuah karya terbaru melalui acara yang menarik. Meluncurkan buku secara formal membantu memulai kampanye promosi dengan penuh gaya, baik Anda seorang penulis indie yang menerbitkan buku pertama Anda atau penulis profesional. Berikut adalah beberapa ide peluncuran buku yang layak dipertimbangkan.
Apa Itu Peluncuran Buku?
Peluncuran buku adalah acara di mana penulis mengundang sekelompok orang untuk merayakan “kelahiran” buku yang akan datang. Penulis akan sering membaca dari buku baru dan menandatangani buku di acara-acara ini. Undangan dapat mencakup teman dan keluarga, siapa saja yang memesan buku di muka, penggemar penulis, atau orang yang sering mengunjungi toko buku atau tempat tersebut. Baik dalam penerbitan dengan sistem mayor maupun penerbitan indie atau vanity, launching buku yang sukses berfungsi sebagai titik awal untuk kampanye pemasaran yang lebih lama dan lebih luas, bahkan mungkin tour buku.
3 Manfaat Merencanakan Peluncuran Buku
Merencanakan peluncuran buku mungkin melelahkan dan menegangkan, tetapi upaya Anda dapat terbayar dengan sebuah rencana. Berikut adalah tiga manfaat yang dapat Anda harapkan:
- Peluang untuk bertemu dengan pembaca Anda: Saat Anda mengadakan acara peluncuran buku, Anda memberikan kesempatan kepada pembaca baru untuk menjalin hubungan dengan Anda. Ini membuat mereka lebih cenderung merekomendasikan tulisan Anda kepada teman-teman melalui mulut ke mulut, membentuk klub buku yang berfokus pada pekerjaan Anda, atau meninggalkan ulasan buku positif secara online.
- Publisitas: Pesta peluncuran buku adalah kesempatan untuk meningkatkan publisitas dan mengarahkan pembaca baru ke jalur promosi lainnya. Saat Anda membaca, sebutkan situs web penulis Anda, dorong peserta untuk mendaftar ke daftar email Anda, atau arahkan mereka ke profil media sosial Anda. Meskipun Anda mungkin memulai dari yang kecil, ingatlah bahwa jenis pemasaran inilah yang membantu penulis naik ke daftar buku terlaris.
- Rasa penyelesaian: Setelah Anda meluncurkan buku, Anda dapat duduk dan bersantai mengetahui pekerjaan Anda selesai. Sekalipun pesta peluncuran hanyalah perhentian pertama dalam tur buku yang lebih luas, nikmatilah kenyataan bahwa setidaknya untuk saat ini, Anda telah melakukan kerja keras menulis.
7 Tips Merencanakan Acara Peluncuran Buku
Mengetahui cara merencanakan pesta peluncuran buku dapat meredakan kecemasan Anda saat hari peluncuran semakin dekat. Ikuti tujuh langkah ini untuk membantu Anda mengadakan acara yang patut diingat:
1. Mengembangkan rencana pemasaran yang lebih luas
Pesta peluncuran buku biasanya merupakan salah satu aspek dari strategi pemasaran yang lebih luas. Undang audiens target Anda ke acara ini dan banyak orang lain yang menyukainya di masa mendatang. Perbarui halaman penulis Anda secara teratur dengan berita tentang tulisan Anda. Mintalah blogger untuk mengizinkan Anda menulis posting tamu untuk mereka, atau minta influencer untuk membuat posting media sosial tentang pekerjaan Anda. Cari podcast buku, dan tanyakan kepada pembawa acara apakah mereka ingin mewawancarai Anda tentang buku baru Anda. Buat cuplikan buku video dan poskan ke akun media sosial Anda.
2. Cari tempat. Anda harus menemukan tempat untuk acara Anda bahkan sebelum Anda dapat menetapkan tanggal peluncuran yang pasti
Toko buku atau perpustakaan lokal mungkin paling masuk akal, meskipun Anda juga dapat memilih tempat yang berbeda (seperti restoran atau ruang perjamuan) jika cocok untuk Anda. Atau, dapat merencanakan peluncuran buku serba virtual, yang mencakup webinar dan acara virtual lainnya. Bekerja sama dengan tempat untuk memastikan semuanya berjalan lancar.
3. Berikan hadiah dan fasilitas
Pikat lebih banyak orang ke acara Anda dengan menjanjikan hadiah dan promo. Ini akan menarik orang-orang yang mungkin tidak tahu tentang pekerjaan Anda secara khusus, meningkatkan audiens potensial Anda. Buat penanda khusus, bagikan buku gratis, atau buat pernak-pernik lain yang dapat digunakan oleh para peserta untuk mengingat acara tersebut.
4. Siapkan buku untuk dijual
Inti dari setiap strategi pemasaran buku, termasuk mengadakan pesta peluncuran, adalah penjualan buku. Anda harus memiliki banyak salinan buku yang tersedia untuk dibeli oleh pembaca baru sebagai bagian dari rencana peluncuran yang lebih luas. Jika Anda seorang penulis pertama kali, Anda hanya akan memiliki karya baru Anda yang tersedia; jika Anda pernah menerbitkan buku lain di masa lalu, bawalah juga untuk dijual.
5. Bersiaplah untuk berbicara
Sudah umum bagi penulis untuk berbicara dengan cara tertentu di acara peluncuran buku. Orang-orang akan ingin mendengar dari Anda di pesta penandatanganan dan peluncuran buku Anda sendiri. Lupakan membaca deskripsi buku dasar dan membaca bagian menarik dari teks yang sebenarnya. Pertanyaan lapangan dari pembaca. Berkomunikasi dengan ramah dengan mereka saat Anda menandatangani buku mereka.
6. Promosikan acara
Promosi buku yang efektif dan penuh usaha akan selalu menjadi bagian dari persamaan peluncuran buku. Gunakan situs web atau platform penulis Anda sendiri untuk memulai kampanye promo DIY Anda, tetapi perluas jauh lebih jauh dari itu dalam mengiklankan acara ini dan buku Anda secara umum. Posting ke semua platform media sosial yang relevan dan jangkau outlet media yang lebih tradisional. Sering berinteraksi dengan pembaca online. Lakukan yang terbaik untuk mendapatkan undangan acara dan tulisan Anda di depan sebanyak mungkin orang.
7. Tetap berpegang pada anggaran
Bahkan penulis buku laris pun harus melakukan yang terbaik untuk tetap berada dalam anggaran yang telah ditentukan sebelumnya untuk pesta launching mereka. Sebelum peluncuran, putuskan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk menyewa tempat, memfasilitasi hadiah, dan sebagainya lalu tetap berpegang pada nomor ini.
Jika Anda memiliki naskah buku ajar untuk perkuliahan, kemudian mau diluncurkan (launching), kegiatan ini bisa bekerja sama dengan tim kreatif Literasi Nusantara.
Editor: Febi Akbar Rizki