Konsep Dasar Pendidikan Qur’an
Konsep dasar pendidikan dan pembelajaran dalam Al-Qur’an mencakup prinsip-prinsip yang bertujuan untuk membentuk manusia yang lebih baik. Yaitu manusia beriman, bertakwa, berakhlak, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi kehidupan.
Salah satu konsep pendidikan Islam adalah tarbiyah. Tarbiyah adalah proses pengasuhan atau pembinaan yang bertujuan mengembangkan potensi manusia, baik jasmani, rohani, maupun akal. Dalam Al-Qur’an, tarbiyah menekankan proses berkelanjutan yang meliputi bimbingan ke arah yang baik. Misalnya, dalam QS Luqman ayat 13-19, Allah memerintahkan Luqman untuk mendidik anaknya agar memiliki akhlak yang baik, tauhid, dan ketaatan kepada orang tua.
Ayat Tarbawi merujuk pada ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan atau tarbiyah. Dalam Al-Qur’an. Terdapat banyak ayat yang mengandung nilai-nilai pendidikan yang bisa menjadi pelajaran dan menjadi pedoman hidup. Studi ini mencakup kajian tentang nilai-nilai (aksiologis) serta pesan-pesan pendidikan dalam Al-Qur’an.
Beberapa nilai utama yang sering dikaitkan dengan pendidikan dalam Al-Qur’an, antara lain :
1. Nilai Tauhid
Nilai tauhid atau keesaan Allah adalah fondasi pendidikan Islam. Konsep tauhid mengajarkan bahwa segala pengetahuan berasal dari Allah dan setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan, harus kembali kepada prinsip tauhid.
2. Nilai Akhlak
Al-Qur’an menekankan akhlak yang baik sebagai bagian penting dari pendidikan. Ayat-ayat yang menyebutkan perilaku Rasulullah, seperti dalam QS Al-Ahzab ayat 21, menunjukkan bagaimana teladan akhlak yang baik harus menjadi bagian dari proses pendidikan.
3. Nilai Ilmu
Al-Qur’an mengajarkan pentingnya mencari ilmu sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah. Ayat pertama yang diturunkan, QS Al-Alaq ayat 1-5, menekankan perintah membaca dan pentingnya ilmu pengetahuan.
4. Nilai Keadilan
Pendidikan dalam Islam juga mengajarkan pentingnya keadilan, seperti dalam QS An-Nisa ayat 135. Keadilan adalah prinsip utama dalam berinteraksi dan memperlakukan orang lain, yang harus diterapkan dalam proses pendidikan.
5. Nilai Ketakwaan
Al-Qur’an sering kali menyebutkan pentingnya ketakwaan sebagai tujuan akhir dari pendidikan. QS Al-Baqarah ayat 282, misalnya, menunjukkan bahwa ketakwaan adalah bagian dari sikap dan tindakan sehari-hari, termasuk dalam belajar.
Pesan pendidikan dalam ayat-ayat tarbawi mencakup :
- Pentingnya belajar dan membaca. Mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, sebagaimana dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits.
- Pengembangan akhlak mulia. Pendidikan harus menanamkan akhlak yang baik agar manusia dapat menjalankan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi.
- Hubungan manusia dengan Allah dan sesama. Pendidikan dalam Islam juga mencakup bimbingan dalam berhubungan baik dengan Allah dan sesama, menciptakan keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat.
Selanjutnya kajian nilai dan pesan pendidikan dalam Al-Qur’an bertujuan membentuk manusia yang berpengetahuan, berakhlak, adil, dan bertakwa. Ayat-ayat tarbawi menjadi panduan untuk mengembangkan sistem pendidikan yang komprehensif dan berlandaskan nilai-nilai keislaman.
Buku Ayat Tarbawi Kajian Nilai dan Pesan Pendidikan dalam Al-Qur’an dari Penerbit Literasi Nusantara membahas lebih lanjut tentang hal ini. Buku ini mengeksplorasi ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai pendidikan dan pesan tarbawi. Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang Islam sebagai agama yang mengutamakan pembentukan karakter, moralitas, dan etika melalui pendidikan.
Jadi dengan pendekatan analitis, buku ini menjelaskan relevansi ayat-ayat tarbawi dalam konteks pendidikan modern. Pendekatannya pada bagaimana Al-Qur’an dapat menjadi panduan untuk membentuk pemahaman yang mendalam, toleransi, dan kebijaksanaan sesuai dengan ajaran Al-Qur’an.
Konsep Dasar Pendidikan Qur’an
Dalam buku ini terdapat 11 bab yang membahas materi-materi sebagai berikut :
- Ayat Tarbawi
- Konsep Dasar Pendidikan dan Pembelajaran dalam Al-Qur’an
- Dasar Pendidikan Islam
- Tujuan Pendidikan Islam
- Peserta Didik dalam Al-Qur’an
- Ilmu dalam Al-Qur’an
- Perintah Menuntut Ilmu
- Fungsi Ilmu
- Kewajiban Belajar dan Mengajar
- Metode Pendidikan Kajian Tafsir Tarbawi
- Konklusi Kajian